KEINDAHAN MEBEL JATI YANG DI RUSTIC

posted in: Uncategorized | 0

keindahan-mebel-jati-yang-di-rustic

KEINDAHAN MEBEL JATI YANG DI RUSTIC ini kami akan mengulas keindahan serat pada kayu jati yang begitu indah karena kayu jati ini meliliki serat kayu yang khas dan berminyak.

Para pembuat atau pengrajin mebel jepara atau furniture jepara banyak mencipatakan desain yang menarik pada produk yang mereka buat dan para pengrajin di kota ukir jepara ini mampu memberikan sebuah daya tarik tersendiri untuk menarik konsumen di pasar lokal bahkan di pasar manca negara.

Mereka selalu melakukan experiment dalam berkarya di bidang jenis finsihing yang terbaru yaitu jenis finsihing model rustic, Dalam jenis finishign rustic ini ialah jenis finishing yang menojolkan keindahan pada serat kayunya dan jenis finishing ini termasuk jenis finishing yang antik.

Dalam proses finsihing rustic ini tidaklah mudah karena cara prosesnya ialah menggunakan jenis gerinda kawat yang berduri dan kegunaannya untuk membuka serat pada kayu yang akan di rustic.

Bagaimana cara untuk merustic sebuah media kayu jati apakah mudah untuk melakukannya…?

Jawab: Tidak, karena dalam proses untuk merustic ini harus mempunyai keahlian dalam melihat arah serat kayu dan jika hal ini dilakukan pada orang yang merustic tidak mempunyai keahlian maka hasil kayu yang di rustic akan berbulu dan arah serat tidak akan terlihat bagus.

Proses untuk merustic kayu jati cukuplah berbahaya karena para pengrajin mebel jepara selalu menggunakan pelindung mata dan pelindung kain yang kegunaannya untuk melindungi saat duri gerinda lepas tidak mengenai bagain mata atau tubuh mereka karena jenis sikat gerinda ini mudah aus atau lepas.

Untuk proses selanjutnya ialah proses pewarnaan finishing agar kayu yang di rustic makin terlihat keindahan serat kayu yaitu pertama para pengrajin furniture jepara membuat adonan atau racikat yaitu warna woodstain yang dicampur dengan thinner untuk mengencerkan warna woodstain tidak terlalu kental atau tajam. Dalam hal ini pewarnaan ini harus dilakukan orang yang sudah berpengalaman dalam teknik finishing karena untuk mengaplikasikan warna woodstain ini yaitu dengan cara di kuaskan dan lalu di lap menggunakan kain dan setelah dilakukan proses pewarnaan maka akan dilakukan proses sanding dan kegunaan sanding ini agar serat kayu dan warna woodstain yang sudah masuk kedalam pori pori kayu tidak akan mudah kegesek karena sudah dilapisi jenis bahan finishing sanding ini.

Setelah proses sanding telah selelsai maka proses berikutnya adalah melakukan teknik pengamplasa media kayu yang sudah di sanding tersebut hingga halus dan proses selanjutnya ialah memberikan sedo atau glees disebutnya yang dicampur menggunakan bensin atau thinner yang akan membuat adonan ini berwarna hitam kecoklatan dan untuk proses selanjutnya ialah mengoleskan bahan atau komponen ini ke semua media kayu yang sudah di rustic tersebut hingga rata kemudian di lap menggunakan kain yang bersih hingga pada bagain permukaan kayu di bagian atas bersih maka jenis finsihing rustic yang indah ini sudah terlihat pada selah selah kayu di bagian dalam sudah terlihat warna hitam yang terletak di selah pori pori kayu sudah terlihat indah.

Untuk proses selanjutnya adalah proses top coat atau clear yang berguna untuk melapisi warna agar tidak mudah lecet atau mudah tergores.

Cukup rumit dan susah bukan membuat jenis finsihing rustic yang indah ini yang harus mempunyai ketrampilan dan ketelatenan khusus dalam menciptakan sebuah karya seni pada produk mebel jati yang indah dan berkualitas.

Comments are closed.